Kepala Badan Litbang dan Inovasi, Dr. Henry Bastaman berniat untuk menjadikan Kampus Kehutanan Gunung Batu, Bogor menjadi satu pusat/center kecil bagi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk dimanfaatkan sebesar-besarya bagi masyarakat luas, terutama kegiatan penelitian lingkungan hidup dan kehutanan. Hal ini disampaikan Kabadan saat memberikan sambutan pada acara halal bi halal di Kampus Kehutanan Gunung Batu, Bogor (Kamis, 28/07).

“Kampus Gunung Batu menjadi satu tempat yang didatangi oleh berbagai pihak untuk menjadi pusat litbang, terutama kegiatan penelitian kehutanan,”kata Kabadan.

Kabadan merasa yakin bahwa hal ini bisa diwujudkan setelah mendengarkan cerita-cerita kejayaan penelitian kehutanan di Kampus Kehutanan Gunung Batu dari para peneliti senior atau yang sudah pensiun dan hadir dalam acara halal bi halal tersebut. Selain itu, bergabungnya Pusat Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup (Pusarpedal) yang berubah nama menjadi Pusat Litbang Kualitas dan Lab. Lingkungan di Serpong sebagai salah satu unit kerja Badan Litbang dan Inovasi akan memperkuat terwujudnya cita-cita tersebut.

“Dengan telah bersatunya kita, Badan Litbang dan Inovasi, intinya menjadi satu kantor yang utuh di sini,”tegas Kabadan.

Namun demikian, Kabadan menyadari bahwa untuk menjadi satu kantor utuh di Kampus Kehutanan Gunung Batu, Bogor merupakan hal yang sulit. Dimana Pusat Litbang Kualitas dan Lab. Lingkungan yang ada di Serpong tidak mungkin untuk dipindahkan ke Gunung Batu, Bogor karena keterbatasan ruangan dan peralatan laboratorium di sana lebih lengkap. Oleh karena itu, Kabadan mengimbau walaupun lokasi berbeda tetapi tetap satu di gunung Batu, Bogor.

“Dimanapun peneliti bekerja, hatinya tetap di Gunung Batu,” tegas Kabadan.

Selain itu, Kabadan berharap bahwa acara halal bi halal ini bisa lebih mempererat silaturahmi dan keakraban bagi keluarga besar Badan Litbang dan Inovasi dan menjadi spirit untuk melaksanakan tugas negara. Dimana tuntutan dan tantangan ke depan akan semakin besar.

Acara halal bi halal yang diikuti oleh seluruh pegawai Sekretariat Badan Litbang dan Inovasi, Pusat Litbang Hasil Hutan, Pusat Litbang Hutan, Pusat Litbang Kualitas dan Lab. Lingkungan dan Pusat Litbang Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim dan ditutup dengan bermaaf-maafan dan ramah tamah.

Sumber : forda-mof.org

Share Button