Balitek KSDA (Samboja, 5 Juni 2012)_Balai Penelitian Teknologi  Konservasi  Sumber daya Alam  (Balitek KSDA) Samboja baru saja meluncurkan edisi perdana majalah ilmiah populer  bernama Swara Samboja. Majalah  ini digagas untuk memenuhi kebutuhan informasi penelitian yang dikemas dalam bahasa yang lebih memasyarakat, cair dan populer. Dengan mengusung tagline “Swara Samboja, Majalah Suara Konservasi” penerbit mengharapkan isinya mampu menginspirasi dan mendorong pengelolaan yang benar  untuk biodiversitas Indonesia yang sangat kaya.

Edisi perdana Majalah Swara Samboja menyajikan tajuk utama “Bekantan, Monyet Belanda  yang Unik”.  Dalam tajuk ini, dipaparkan  status dan perilaku Bekantan yang dilengkapi dengan reportase penelusuran ke habitatnya di Kalimantan. Dalam sambutannya di halaman Salam Redaksi, Dr. Nur Sumedi, selaku Penanggungjawab menyampaikan kekhawatirannya tentang kenyataan semakin rusaknya ekologis akibat pembangunan yang menekankan pada eksploitasi yang tidak diimbangi dengan kendali konservasi yang sangat mendesak untuk dibenahi.

Selayang pandang Balitek KSDA di edisi ini menyampaikan informasi tentang upaya penjagaan KHDTK Samboja dengan judul ”Menyelamatkan KHDTK Samboja Melalui Kampanye Konservasi” serta artikel tentang ekosistem pegunungan dan pengelolaan lahan gambut di Indonesia.

Tak ketinggalan, untuk menginspirasi pembacanya, majalah ini akan menampilkan Profil sosok inspiratif di setiap edisinya. Dan untuk edisi perdana ini menampilkan kisah Dr. Tachrir Fathoni, yang menceritakan latar belakang keluarganya, suka dukanya ketika menjadi Kepala Badan Litbang Kehutanan, prinsip hidupnya dan tentu saja pandangannya tentang konservasi di Indonesia.

“Kita perlu serius dan sungguh-sungguh menjaga dan mengelola kawasan konservasi secara profesional”, kata Tachrir Fathoni yang memulai karirnya di bidang konservasi ini. Tentang majalah Swara Samboja, beliau berpesan kepada redaksi untuk menjadikan majalah ini sebagai majalah penelitian konservasi berskala nasional, dengan memuat artikel-artikel yang bermutu dari narasumber para pakar KSDA nasional maupun internasional, memiliki kualitas tinggi dengan tampilan yang menarik dan selalu update beritanya.

Di rubrik terakhir, Lintas Peristiwa memuat liputan berita dari kegiatan yang diselenggarakan oleh Balitek KSDA Samboja, antara lain Outbound dan Penghijauan, Diskusi orangutan dan Seminar Hasil-hasil Penelitiannya.(NS & Riz)

Silahkan download disini

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

saya bukan spam / robot *