Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si., Sekretaris Badan litbang dan Inovasi (Sekbadan) mengharapkan bahwa KHDTK Hutan Penelitian Samboja lebih dikembangkan dengan Ekowisata, Eduwisata dan Edutainment. Hal ini diungkapkan Sekbadan saat memberikan arahan pada acara pembinaan pegawai Lingkup Balitek KSDA Samboja, Kamis (23/03/2017).

KHDTK Hutan Penelitian Samboja merupakan salah satu kekayaan hutan tropis Kalimantan yang tersisa di Kalimantan Timur. Dengan segala potensi yang ada di KHDTK Samboja, Sekbadan berharap Balitek KSDA lebih meningkatkan pemanfaatan KHDTK samboja dengan model pengelolaan yang berbasis konservasi.

“Potensi yang ada di KHDTK dapat divisualisasikan secara menarik di tempat-tempat tertentu di KHDTK yang memiliki potensi wisata seperti air panas, air terjun, dan lainnya. Saya menyarankan Balitek KSDA menggaet travel agent untuk lebih membantu dalam mempromosikan potensi wisata KHDTK Samboja”, tambah Sekbadan.

Ahmad Gadang Pamungkas, S.Hut, M.Si., Kepala balitek KSDA menyambut baik saran yang diberikan oleh Sekbadan. Gadang menyampaikan bahwa tahun 2016 s.d. saat ini kunjungan eduwisata pelajar dari tingkat TK s.d. SMA maupun mahasiswa S1 s.d. S3. Selain itu kegiatan lintas alam bagi pelajar SMA yang telah dilakukan di KHDTK samboja th 2016 akan ditingkatkan lagi dengan target jumlah maupun segmen yang lebih luas.

Gadang beserta tim pengelolaan KHDTK Samboja juga sedang menyiapkan konsep wisata yang akan di kembangkan di KHDTK Samboja ke depannya.

Pada kesempatan ini Sekbadan juga melakukan kunjungan ke Herbarium Wanariset Samboja dan KHDTK Samboja.

Selain pembinaan Sekbadan, juga diadakan Pembinaan Kepegawaian, Organisasi dan Ketatalaksanaan Lingkup Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi. Pembinaan dilakukan Drs. Riharto S., MM. (Kabag Kepegawaian, Hukum dan Ortala), Undang Rahmat Fauzi, S.TP (Kasubbag Administrasi Jabatan Fungsional), Bayu Subekti, S.IP, M.Hum  (Kasubbag Hukum dan Ortala), dan Nedi Ramdani, Bc.Ek., S.IP. (Kasubbag Administrasi Kepegawaian)***ADS

Share Button