Sekitar 1 persen dari semua spesies pohon di Amazon, Amerika Selatan, menentukan setengah dari keberadaan karbon di hutan tropis luas kawasan tersebut. Demikian perkiraan sebuah kajian.

Meskipun daerah ini adalah tempat tinggal sekitar 16.000 spesies pohon, para peneliti menemukan hanya 182 spesies yang menguasai proses penyimpanan karbon.

Amazonia sangat penting bagi siklus karbon bumi karena menyimpan lebih banyak elemen dibandingkan ekosistem lainnya.

Temuan ini telah diterbitkan di jurnal Nature Communications. Demikian lapor wartawan BBC Mark Kinver.

“Dengan mempertimbangkan Amazon sangatlah penting bagi siklus karbon dunia dan menyimpan begitu banyak massa bioplanet, mengetahui bagaimana karbon disimpan dan dihasilkan sangatlah penting jika kita ingin memahami apa yang dapat terjadi pada masa depan pada keadaan lingkungan yang berbeda,” kata salah satu penulis laporan Sophie Fauset dari University of Leeds, Inggris.

Hutan tropis mencakup wilayah seluas 5,3 juta km persegi, yang merupakan 17 persen dari simpanan karbon tanaman bumi.

Temuan ini berdasarkan kajian yang diterbitkan pada Science edisi Oktober 2013 yang menemukan bahwa meskipun merupakan tempat tinggal sekitar 390 miliar pohon, terdiri dari 16.000 spesies, hanya 227 spesies “sangat dominan” yang menentukan setengah dari jumlah keseluruhan pohon di Amazonia.

Sumber : klik disini

Share Button