Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Hutan Penelitian Samboja secara administratif berlokasi di Kelurahan Sungai Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Desa Semoi, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kaltim dengan luas 3.504 Ha. KHDTK ini pada awalnya adalah stasiun penelitian yang dikenal dengan Wanariset Samboja seluas 504 Ha yang kemudian pada Tahun 1991 mengalami perluasan menjadi 3.504 Ha.

KHDTK ini termasuk dalam ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah. Jenis vegetasi yang ada adalah jenis pionir, namun masih banyak pula ditemukan jenis-jenis komersil atau jenis tumbuhan langka yang dilindungi seperti Eusideroxylon zwageri, Dyera costulata, Diospyros borneensis, dan Aquilaria microcarpa dan Aquilaria beccariana, Shorea laevis, Barossodendron borneense, Pholidocarpus sp, Syzygium tawahense, Drypetes kikir, Chaetocarpus castanocarpus. Berbagai jenis fauna juga dijumpai terutama mamalia besar, mamalia kecil, serangga, dan jenis-jenis burung.

KHDTK untuk Hutan Penelitian Samboja seluas ± 3.504 Ha penunjukkannya melalui SK Menteri Kehutanan Nomor: SK.201/MENHUT-II/2004 tanggal 10 Juni 2004.

Kegiatan penelitian yang dilakukan di KHDTK untuk Hutan Penelitian Samboja adalah konservasi keanekaragaman hayati di bidang silvikultur hutan alam dan hutan tanaman, hasil hutan bukan kayu, pemanfaatan jasa lingkungan, dan sosial ekonomi.

Download leaflet KHDTK disini

Download Poster KHDTK disini

Share Button