Herbarium wanariset merupakan salah satu herbarium yang dimiliki Badan Litbang Kehutanan yang didirikan pada tahun 1989 atas kerjasama Rijksherbarium Leiden (melalui Tropenbos Faundation Belanda) dengan Departemen Kehutanan Republik Indonesia.

Herbarium di BPTKSDA merupakan salah satu Herbarium berstandard internasional di Indonesia yang secara resmi telah terdaftar pada Index Herbariorum dengan akronim WAN.

Herbarium adalah contoh atau koleksi spesimen tumbuhan yang bersifat fertile dan ilmiah (meliputi daun, bunga, dan atau buah) serta data pelengkap utama (meliputi karakter tumbuhan, sebaran, habitat, ekologi, lokasi, ketinggian tempat dan titik koordinat, serta kegunaannya khususnya yang bersifat HHBK).

Jumlah koleksi (spesimen) tumbuhan yang disimpan di herbarium hingga bulan Agustus 2011 adalalah 18.513 nomor dengan jenis yang terdeterminasi sebanyak 3.739 jenis. Spesimen koleksi meliputi jenis pohon, perdu, tumbuhan merambat, terna, epifit, pakis-pakisan dan tumbuhan parasit.

Terdapat tiga koleksi jenis tumbuhan parasit yang tersimpan di WAN, yakni Rafflesia pricei Meijer dan Rhizanthes lowii (Becc), Harms (Rafflesiaceae), Balanophora lowii Hook. f. dan Balanophora papuana Schlecchter (suku Balanophoraceae).

Herbarium merupakan bahan utama yang dapat memberikan informasi tentang karakteristik, sebaran serta habitat dan ekologi secara umum dari suatu jenis tumbuhan untuk kegiatan identifikasi tumbuhan, di bidang pendidikan dan penelitian.

download leaflet herbarium disini

Share Button