BPTKSDA (Samboja, 18/02/2015)_Dalam rangka memperingati hari Bhakti Rimbawan tahun 2015 yang jatuh pada 16 Maret 2015, Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) Samboja mengadakan beberapa kegiatan yang menekankan pada sumbangsih dan kebersamaan Rimbawan, khususnya rimbawan Balitek KSDA. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain penanaman pohon, aneka perlombaan dan donor darah pada tanggal 16, 17 dan 18 Maret 2015 di KHDTK Hutan Penelitian Samboja dan Kantor Balitek KSDA. Koordinator kegiatan, Suwarno, S.Sos., M.Si., mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan sederhana dan menitikberatkan pada manfaat dan kebersamaan rimbawan sebagai landasan pelestarian hutan dan lingkungan. “Bukan hanya senang-senang, tapi apa yang bisa kita berikan untuk hutan dan lingkungan disekitar kita, termasuk masyarakat banyak, itu yang penting,” ujarnya.

Mengambil tema “Rimbawan Siaga Lestarikan Hutan dan Lingkungan” kegiatan yang dilaksanakan dengan sederhana ini memulai kegiatan dengan melakukan penanaman pohon di Km 6 KHDTK Hutan Penelitian Samboja, dengan jumlah bibit + 500 buah. 5Bibit yang ditanam adalah Ficus variegata dan Dryobalanops lanceolata. Acara ini diikuti oleh pegawai Balitek KSDA bersama Siswa SMK Kehutanan Samarinda yang sedang melaksanakan magang. Areal yang dijadikan lokasi penanaman merupakan semak belukar dan hutan sekunder muda akibat kebakaran dan perladangan liar. Dengan penanaman ini, diharapkan proses suksesi hutan dapat lebih cepat dengan penambahan jenis-jenis pohon dari ekosistem hutan primer. “Lokasi ini awalnya merupakan areal hutan yang memiliki potensi wisata dengan keberadaan beberapa titik sumber air panas,” ungkap Nanang Riana, pengelola KHDTK Hutan Penelitian Samboja. Seusai kegiatan penanaman, panitia kegiatan menggelar penarikan undian doorprize sembari peserta penanaman beristirahat.

13 16 Hari kedua rangkaian kegiatan Bhakti Rimbawan diisi dengan aneka perlombaan di halaman kantor Balitek KSDA. Perlombaan yang diadakan adalah lomba makan krupuk, lomba suap pisang, lomba balap balon, lomba balap bakiak dan ditutup dengan lomba tarik tambang. Acara yang berlangsung dengan semangat kebersamaan ini juga dimeriahkan dengan doorprize menarik hingga akhir kegiatan. Seluruh pegawai mengambil bagian dalam perlombaan ini, tak terkecuali Kepala Balai Balitek KSDA yang bersemangat untuk berlomba bersama peserta lainnya dalam lomba makan kerupuk dan balap bakiak. Walaupun belum bisa memenangkan perlombaan, terlihat keceriaan seluruh peserta ketika bisa mengikuti lomba-lomba tersebut.

1020Untuk mengakhiri rangkaian kegiatan Bhakti Rimbawan, pada hari ketiga dilakukan kegiatan donor darah oleh 20 pegawai Balitek KSDA yang difasilitasi oleh PMI RSUD Aji Bhatara Agung Dewa Sakti Samboja. Dengan kegiatan ini, kebersamaan dari pegawai Balitek KSDA diharapkan dapat ditingkatkan lagi untuk mempersiapkan diri menjadi rimbawan siaga lestarikan hutan dan lingkungan.***ADS

IMG_2805IMG_3112IMG_2971

Share Button