FORDA (Bogor, 14/10/2014)_Indonesia masih menghadapi beberapa masalah dalam pengelolaan sumber daya alam termasuk hutan. Tantangan tersebut datang baik dari faktor internal maupun eksternal. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mewujudkan pengelolaan sumber daya hutan secara berkelanjutan. Sebagaimana diatur dalam undang-undang, tujuan nasional Pemerintah Indonesia yaitu mewujudkan kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu, Kementerian Kehutanan juga harus fokus pada pengelolaan hutan lestari serta turut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam waktu yang sama.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan telah bekerja selama sepuluh dekade untuk mendukung visi dan misi Kementerian Kehutanan. Tugas khusus Badan Litbang Kehutanan yaitu meningkatkan peran penelitian dan pengembangan dalam mencapai pengelolaan hutan lestari. Salah satu strateginya yaitu dengan mengumpulkan informasi dan berbagi pengetahuan di bidang kehutanan melalui diseminasi dan konferensi.

Badan Litbang Kehutanan bukanlah satu-satunya organisasi yang bekerja dalam penelitian dan pengembangan di bidang kehutanan. Beberapa universitas, organisasi non-pemerintah dan organisasi internasional juga melakukan penelitian dan pengembangan pada beberapa daerah yang sama di Indonesia. Oleh karena itu, kebutuhan untuk mengumpulkan informasi dan berbagi ide menjadi penting untuk dilakukan dalam rangka menciptakan pemahaman bersama untuk mewujudkan tujuan nasional kehutanan Indonesia.

The International Conference of Indonesia Forestry Researcher (INAFOR) adalah upaya Badan Litbang Kehutanan  untuk secara aktif meningkatkan kualitas penelitian kehutanan Indonesia dan publikasi serta membangun forum ilmiah yang kuat bagi para profesional kehutanan Indonesia dari badan penelitian dan pengembangan termasuk instansi pemerintah, sektor swasta dan universitas. Pada 2011, INAFOR  pertama dilaksanakan di Bogor. Menyadari banyaknya manfaat dari konferensi ini, maka penyelenggaraannya  dilaksanakan secara periodik setiap dua tahun sekali.

Bertepatan dengan ulang tahun penelitian 100 tahun di Indonesia, The 2nd INAFOR dilaksanakan pada 27-28 Agustus 2013 di Jakarta dengan tema “Celebrating a 100-year Forestry Research in Indonesia: Forestry Research for Sustainable Forest Management and Community Welfare “.

Konferensi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman internasional bagi para peneliti dan ilmuwan serta mengembangkan kegiatan penelitian dan pengembangan kehutanan di Indonesia.

Prosiding ini merupakan dokumentasi publikasi makalah dan poster yang dipresentasikan dalam konferensi tersebut.Terdiri dari 54 makalah dari 77 makalah yang disajikan dalam presentasi oral dan 34 makalah dari 49 presentasi poster. Publikasi ini diharapkan  dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat menuju penguatan ilmu pengetahuan dan teknologi kehutanan untuk pengelolaan hutan lestari dan kesejahteraan masyarakat.**(TS).

Silahkan download materi prosiding pada link berikut :

PROCEEDINGS OF THE 2nd INAFOR 2013

Sumber berita : http://www.forda-mof.org/index.php/berita/post/1862

Share Button