BPT KSDA (Samboja, 4/08/2015) Dalam kunjungan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan, Ir. Djohan Utama Perbatasari, M.M. ke Kalimantan Timur untuk membuka kegiatan Pelatihan Budidaya Lebah Madu Trigona, beliau berkesempatan melakukan pembinaan pegawai Balitek KSDA pada Selasa, 4 Agustus 2015. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Balitek KSDA ini dihadiri oleh pejabat struktural, fungsional umum,  peneliti, teknisi litkayasa serta seluruh pegawai di lingkup Balitek KSDA.

Kepala Balitek KSDA, Ahmad Gadang Pamungkas, M.Si., dalam pengantarnya menyatakan bahwa pembinaan pegawai ditujukan agar kinerja pegawai lingkup Balitek KSDA menjadi lebih baik.  Pembinaan yang dilaksanakan di aula Balitek KSDA berjalan santai dan penuh suasana kekeluargaan. Pembinaan diawali dengan penyampaian materi pembinaan oleh Kapuslitbang Hutan dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan pegawai.

3 djohan“Peneliti harus memiliki jiwa Baca, Bicara dan Menulis”, kata Djohan menyampaikan pesan pertama dalam pembinaanya. Seorang peneliti harus memiliki hobi membaca untuk meningkatkan referensi dalam ilmu pengetahuannya, pandai berbicara agar bisa menyampaikan ilmu yang ditekuninya, dan harus rajin menulis baik majalah, jurnal dalam maupun di luar negeri untuk menyampaikan hasil dari penelitiannya.

“Maju atau tidaknya peneliti tergantung diri sendiri, karna jika tidak bisa mengikuti “arus”, maka akan tergilas oleh masa,” ujar Djohan, sebagai pesan kedua. Sehingga melanjutkan studi dan berbagai research school juga akan menjadi prioritas bagi peneliti kedepannya.

Selain menjadi peneliti yang pekerja keras, Djohan juga menegaskan bahwa peneliti juga harus menjadi seorang yang “Maniak Kerja”. Bekerja “lebih” dari sekarang merupakan niat yang harus direalisasikan untuk meningkatkan kapasitas peneliti baik di tingkat nasional maupun internasional. “Skill tidak bisa diraih begitu saja namun merupakan hasil dari usaha dan kerja keras”, tandasnya.

Sebagai penutup dalam pembinaan ini, Kapuslitbang Hutan mendorong seluruh pegawai Balitek KSDA untuk meingkatkan semangat bekarja. “Mari kita tingkatkan “semangat, motivasi dan inovasi”, pesan Djohan. Secara khusus, Djohan juga mendorong Balitek KSDA untuk melakukan terobosan-terobosan yang segera “diangkat” terutama teknologi di bidang konservasi.***ADS2 djohan

 

Share Button