Peleburan Kemenhut dan Kementerian LH Diharapkan Berlangsung Cepat dan Sejuk
Menteri Lingkungan dan Kehutanan Kabinet Kerja 2014-2019, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc berharap agar peleburan antara Kementerian Kehutanan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dapat dilakukan dengan cepat dan sejuk dalam jangka waktu 2 bulan kedepan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi dalan rapat Kabinet Perdana di Istana Negara Jakrta. Hal ini disampaikan dalam kunjungan perdana beliau di Kantor Kementerian Kehutanan yang disambut oleh Sekjen Kementerian Kehutanan Dr. Hadi Daryanto dan Sekmen Kementerian Lingkungan Hidup Drs. Rasio Ridho Sani, M.Com, MPM, Senin (27/10).
Percepatan peleburan ini dimaksudkan agar kerja Kementerian dapat segera dilakukan seperti amanat Presiden Joko Widodo yang menginginkan para Menteri anggota kabinetnya untuk bekerja dengan lebih cepat, sesuai motonya kerja, kerja dan kerja. Dalam masa peralihan ini Menteri Lingkungan dan Kehutanan meminta agar dua Kementerian tetap dapat berjalan normal hingga akhir tahun 2014 sesuai program kerja  masing-masing. Beliau menambahkan bahwa dalam menyusun perombakan pejabat Eselon I di kementerian yang dipimpinnya ini akan menggabungkan pos-pos yang dinilai memiliki kesamaan fungsi, kalaupun ada peleburan antar Eselon, maka ia akan mengkoordinasikan dengan baik. Secara teknis konsekuensi dari peleburan ini diupayakan tidak adanya pegawai yang tidak mendapat tempat. Untuk Pejabat Eselon II yang lebih banyak peran manajerial dapat memangku jabatan di tempat lain, sedangkan pejabat Eselon III dan IV bersifat operasional dan tidak mungkin dipindahkan ke tempat lain, justru mereka akan lebih banyak bertugas ke lapangan. Sampai dengan akhir tahun 2014 semua kegiatan di Kementerian LH dan Kemenhut berjalan secara paralel. Sebagai perbandingan saat ini terdapat 17 ribu pegawai di Kementerian Kehutanan dan 1.200 pegawai di Kementerian Lingkungan Hidup, ada 13 Eselon I di KLH dan 13 Eselon I di Kemenhut.
Menteri Lingkungan dan Kehutanan  juga mengungkapkan salah satu fokus programnya dalam waktu dekat adalah menyederhanakan proses perizinan di kedua lembaga tersebut sehingga tidak akan ada lagi perizinan yang tumpang tindih.
Jakarta, 27 Oktober 2014
Kepala Pusat Humas Kemenhut
Eka W. Soegiri
NIP 19571009 198203 1 001

Share Button