Bertempat di Aula Balitbanda Provinsi Kalimantan Timur, yang dihadiri oleh beberapa instansi Litbang Daerah  dan Kementerian yang ada di Kalimantan Timur. Kamis, (07/05) dengan agenda utama yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 – 13.00 adalah Pelantikan Pengurus HIMPENINDO cabang Kalimantan Timur, Disampaikan juga paparan “Peran Strategis Organisasi Peneliti dalam mendukung Pembangunan Daerah”  oleh Kepala Balitbangda Provinsi Kalimantan Timur (Prof. Dr. H. Dwi Nugroho Hidayanto, M.Pd), kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh Kepala Bagian Bantuan Sosial mengenai dana hibah untuk organisasi masyarakat termasuk didalamnya untuk kegiatan riset.

Pengurus HIMPENINDO cabang Kalimantan Timur dilantik langsung oleh Ketua HIMPENINDO Pusat, Prof. Bambang Supriyanto. Pengurus HIMPENINDO cabang Kalimantan Timur berjumlah 21 orang dengan struktur organisasi meliputi : Ketua, Wakil ketua, Sekretaris, Bendahara, dan Koordinator pada setiap UPT Litbang yang berada di provinsi Kalimantan Timur. Pengurus yang dilantik berdasarkan hasil pemilihan pada rapat pembentukan kepengurusan HIMPENINDO cabang Kalimantan Timur di Ketua oleh Dr. H. Syachrumsyah Asri, SH, M.Si dengan wakilnya Suroto HS, MP. Untuk Koordinator dari Balai Penelitian Teknologi Sumber Daya Alam adalah Tri Atmoko, S.Hut., M.Si.

Setelah agenda pelantikan pengurus, dilanjutkan dengan pemaparan oleh ketua HIMPENINDO pusat mengenai pembangunan Taman Sains dan Teknologi Nasional (National Science Techno Park) dengan tujuan hilirisasi hasil riset untuk pelayanan teknologi dan pengembangan bagi wirausaha baru di bidang teknologi maju. Sayangnya dalam rencana Pembangunan Science Park dan Techno Park LIPI tahun 2015  – 2019 belum memasukkan wilayah Kalimantan.

Dalam acara ini juga kepala Balitbangda provinsi Kalimantan Timur berharap banyak ide dan gagasan baru dari para peneliti dan membuat “Grand Skenario” penelitian agar kinerja peneliti lebih baik, lebih maksimal dan di ridhoi Allah SWT. **TM_

Share Button