GPTP_foto_8_Pushumas Kemenhut, Jakarta : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menandatangani MoU dengan Erna Witular Koordinator Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara (GPTP) terkait Rehabilitasi Lahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Senin (12/5) di Ruang Rimbawan Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Jakarta. GPTP adalah gerakan perempuan yang diprakarasi Ibu Negara Hj. Any Bambang Yudhoyono yang dimulai sejak tahun 2007 beranggotakan 7 organisasi perempuan yaitu SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu), Kowani (Kongres Wanita Indonesia), Tim Penggerak PKK, Dharma Pertiwi, Bhayangkari, DWP (Dharma Wanita Persatuan), dan APPB (Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan). Kegiatannya meliputi pemberdayaan perempuan dalam mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah guna mencapai kemakmuran rakyat.

GPTP_foto_2_Tanggal 1 Desember dideklarasikan sebagai Hari GPTP dan diperingati setiap tahunnya dengan berbagai kegiatan salah satunya menanam pohon. Sejak tahun 2007 – saat ini GPTP telah berhasil menanam 395 juta pohon di seluruh Indonesia. Tema GPTP untuk tahun 2014 ini adalah “Optimalisasi Pemanfaatan Lahan, Mendukung Ketahanan Pangan dan Menjaga Sumberdaya Alam”.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Acara GPTP Triwati Warsiono menyampaikan bahwa kedepan akan dibentuk kelembagaan GPTP tingkat nasional, provinsi dan daerah dengan kepanitian melibatkan istri pejabat dan tokoh masyarakat.

Menteri Kehutanan mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan-kegiatan GPTP terutama terutama yang terkait dengan kehutanan. Dalam kegiatan penanaman dan memenuhi kebutuhan bibit, Kementerian Kehutanan telah membangun Persemaian Permanen di tiap-tiap provinsi dengan produksi bibit mencapai 3 juta batang/tahun, bahkan di tiap desa diberi bantuan untuk membuat Kebun Bibit Rakyat.

sumber : klik di sini

Share Button