Majalah Swara Samboja Vol VI/No. 3/Th. 2017 ini sengaja dikemas sebagai edisi khusus untuk mendokumentasikan keindahan KHDTK Samboja dan segala potensinya kepada para pembaca dengan tema “Menelisik Potensi KHDTK Samboja”.

Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Hutan Penelitian Samboja dengan luas 3054 hektar  menyimpan berbagai macam keanekaragaman hayati dan potensi wisata  di dalamnya.

Saat ini, wisata kekinian tengah menjadi trend di beberapa daerah di Indonesia. Tak mau ketinggalan, KHDTK Samboja juga tengah berbenah menggali potensi wisata yang dapat dikembangkan tanpa menghilangkan kelestarian hutan dan segala  isinya. Pembaca ingin tahu apa saja wisata kekinian yang ada di KHDTK Samboja?

Mengawali tema khusus ini pembaca diajak menelusuri keindahan KHDTK Samboja dalam tulisan pembuka “Wisata Kekinian di KHDTK Samboja” yang dipaparkan secara apik oleh Ulfah Karmila Sari, S.Hut  dan Ike Mediawati, S.Si.

Selanjutnya Tri Atmoko, S.Hut, M.Si akan menyajikan jenis satwa primata yang secara alami telah ada di KHDTK Samboja (owa kelawat, lutung merah, lutung kelabu, monyet beruk, monyet ekor panjang, bekantan), jenis yang dilepasliarkan (kukang) dan yang direhabilitasi (orangutan Kalimantan). Selengkapnya pembaca dapat menyimaknya dalam tulisan berjudul “Daya Tarik dan Jenis-jenis Satwa Primata di KHDTK Samboja”.

Berdasarkan penelitian Fitra Alhani, S.Hut, keanekaragaman jenis vegetasi pohon di KHDTK Samboja ditemukan 342 jenis dari 57 famili. Naskah selengkapnya dapat anda baca pada tulisannya yang berjudul  “Keanekaragaman Jenis Vegetasi Pohon di Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Samboja”.

Selanjutnya Syamsu E. Rinaldi, S.Hut dan Widyawati, S.Hut akan memaparkan serangkaian upaya-upaya pendekatan sosial terhadap masyarakat sekitar KHDTK Samboja dalam judul tulisan “Pengelolaan KHDTK Samboja: Pendekatan Masyarakat melalui Sosialisasi”.

“Persepsi Pelajar dan Para Pemangku Kepentingan terhadap Pengembangan KHDTK Samboja” yang ditulis Adi Surya, S.Hut, M.Si dan Suryanto, S.Hut, M.Si menjadi tulisan pamungkas edisi kali ini.

Pada rubrik Klik dapat kita simak pohon dan buah Dryobalanops lanceolata Burck yang didokumentasikan oleh Deny Adiputra, S.Hut.

Rubrik Sisipan menampilkan profil enam orangutan “siswa” sekolah hutan Samboja yang dikelola di Orangutan Research Center (ORC) kerjasama Balitek KSDA dengan BKSDA Kaltim dan Yayasan Jejak Pulang.

Rubrik Lintas Peristiwa kali ini menyajikan kegiatan Balitek KSDA antara lain “Pengukuhan Forest Ranger”, “Burung Hasil Selundupan Dilepasliarkan di KHDTK Hutan Penelitian Samboja”, “Sosialisasi Pencegahan Konflik antara Manusia dan Buaya Muara” dan “Balitek KSDA Dukung Rencana YAD Bangun Suaka Orangutan yang Tidak Dapat Dilepasliarkan di Alam Bebas”. Selamat Membaca!

Download majalah di sini

Share Button