“Kegiatan menanam ini sudah sejak tiga tahun lalu dilakukan dan akan tetap diteruskan tiap kali melakukan kegiatan Rakornis (Rapat Kordinasi Teknis), ini merupakan komitmen”, demikian dikatakan Ir. Tri Joko Mulyono, MM., Sekretaris Badan Litbang Kehutanan (Sekbadan) dalam sambutannya pada acara penanaman di KHDTK (Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus) Samboja, Jumat (12/06).

Lebih lanjut Sekbadan  juga mengatakan : “Kita tidak menghitung berapa jumlah pohon yang kita tanam, tapi kita ingin memberikan gambaran pada semua pihak, bahwa setiap kegiatan litbang kita akan terus menanam dan menanam, sehingga lingkungan akan terjaga dengan baik.”

Pada kesempatan tersebut, Sekbadan juga memohon maaf  karena  sedianya kegiatan ini akan dihadiri oleh Prof. San Afri Awang, M.Sc. dan Kabadan Litbang dan Inovasi Dr. Henry Bastaman, namun karena ada tugas lain sehingga beliau tidak dapat hadir dan ikut bergabung. Walaupun demikian, hal itu tidak menyurutkan antusias peserta untuk tetap menanam.

Diakhir sambutan, Sekbadan tak lupa mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak dan mengajak seluruh peserta yang hadir untuk menanam.

“Selamat menanam, walaupun sebatang, semoga kita meninggalkan sesuatu di KHDTK Samboja ini.” harap Sekbadan.

Ekskursi ke Samboja ini adalah akhir rangkaian Rakornis Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian LHK Tahun 2015. Kegiatan ekskursi dilaksanakan dengan penanaman masal dan dilanjutkan dengan menyusuri trek Wartono Kadri di KHDTK Samboja.

Kegiatan penanaman ini tidak hanya dihadiri oleh pegawai Badan Litbang dan Inovasi saja, ada beberapa tamu undangan juga hadir, antara lain pihak pemerintah daerah yg diwakili oleh lurah setempat, perwakilan UPT lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, peserta ladies program dan juga para tamu undangan.

Dalam kegiatan menanam ini telah disediakan sebanyak 200 lubang tanam dengan pohon yang siap ditanam, sehingga para peserta dapat seluruhnya ikut berpartisipasi menanam di KHDTK Samboja..***LSG

Sumber : forda-mof.org

Share Button