Beberapa orang melakukan go green dan dinilai sebagai orang yang pintar. Lalu apa go green itu dan apa manfaat nyata dari go green? Go green merupakan segala sesuatu yang kita lalukan untuk hidup berkelanjutan.

Hidup berkelanjutan yang dimaksud adalah melakukan hal sekecil apa pun di dalam kehidupan sehari-hari yang membuat dampak pribadi pada alam dan sekitar kita. Misalnya melakukan pengomposan sampah dapur organik sebagi pupuk, menggunakan mobil listrik atau sepeda, dan menggunakan kantong dari kain bukan plastik.

Manfaat dari “go green” yang kita lakukan memang tidak secara langsung dapat dilihat. Contohnya ketika kita menggunakan produk-produk alami, mungkin tidak tampak pengaruhnya. Namun, manfaat nyata dan positif dari “go green” benar-benar ada, yaitu:

Kesehatan kita

Ketika kita menjalankan hidup berkelanjutan, maka kita telah mengambil langkah positif untuk kesehatan. Misalnya, kita akan makan makanan alami sehingga kita tidak mengonsumsi makanan olahan. Untuk membersihkan makanan, kita dapat menggunakan bahan alami seperti cuka yang tidak akan menyebabkan munculnya residu kimia.

Kantong/Dompet kita

“Go green” dapat menghemat uang di kantong. Makanan alami lebih murah daripada makanan olahan di toko-toko. Kita juga dapat membersihkan makanan alami dengan pembersih yang alami pula dengan harga yang juga murah.

Kemudian, olahan sampah dapur organik yang dijadikan pupuk juga dapat kita gunakan untuk tanaman daripada membeli pupuk kimia. Hal lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan alami dan sehat, kita akan jarang berurusan dengan dokter sehingga tidak mengeluarkan uang untuk biaya dokter.

Emosi kita

Dengan hidup berkelanjutan, kita melakukan hal-hal kecil yang dapat membuat kita lebih baik mengetahui tentang bumi dan bagaimana kita mempengaruhi orang-orang di sekitar. Dengan tidak menciptakan sampah dan tidak menambah polusi udara dengan mengendarai kendaraan bermotor, kita telah membuat diri merasa bahagia dan mengundang senyum untuk banyak orang lain.

Dunia kita

Melakukan “go green” berarti kita ikut menyelamatkan dunia dan membantu generasi mendatang. Sekecil apapun tindakan “go green” yang dilakukan, tentunya akan berpengaruh. Bayangkan jika ratusan hingga miliaran orang melakukannya, maka dunia akan lebih lestari dan membangun masa depan yang baik.

Sebagai Contoh

Manfaat nyata dari “go green” lainnya yaitu, kita telah memberikan contoh kepada orang-orang terdekat kita. Orang-orang di sekitar kita akan melihat kepedulian kita dan tentunya akan ikut bergabung dengan tindakan kita untuk menciptakan kehidupan masa depan yang lebih baik.

Sumber : klik di sini

Share Button