Tuhan memberikan setiap manfaat dalam semua ciptaannya, bahkan kulit buah yang dianggap tidak bermanfaat bisa dimanfaatkan dan menghasilkan suatu produk turunan yang bisa memiliki nilai ekonomis, untuk itu setelah habis menyantap daging buah naga, jangan pernah langsung membuang kulit nya ke tong sampah.

Persentase kulit buah naga mencapai 35% dari daging buahnya.  Dan saat ini kulit buah kerabat kaktus itu dapat dimanfaatkan menjadi bahan pangan atau minuman yang lezat. Hasil riset dari Universitas Brawijaya, membuktikan bahwa kulit buah naga superred Hylocereus costaricensis 100% tanpa daging buah, dapat dijadikan bahan pangan. Kulit buah naga ini ditambahkan dengan 6% tepung keraginan sebagai pengenyal Kembang gula. Dan secara umum produk kembang gula dibuat dengan mendidihkan campuran gula, air, dan bahan pewarna.

Hasil penelitian Departement of Applied Chemistry National Chinan University juga menunjukkan bahwa kulit buah naga dapat membantu fleksibilitas pembuluh darah, dan berperan untuk menghambat pertumbuhan tumor sel tumor B16F10. Berbagai uji klinis turut membuktikan bahwa kulit buah naga yang cerah dan cenderung bersisik mengandung senyawa aktif seperti pentacyclic triyepene taraxast 20ene 3aol dan juga taraxast 12,20(30) dien 3aol. Kedua senyawa ini sangat ampuh menjaga serta melindungi kelenturan pembuluh darah. Bahkan keampuhan ini menyamai obat Troxerutin yang dikenal sebagai obat berbahan kimia yang digunakan untuk melindungi pembuluh darah mikro. Obat ini banyak beredar di pasaran dan populer digunakan untuk mereduksi potensi pembuluh darah pecah. Dengan ditemukannya kandungan pada kulit buah naga ini, tentu akan menjadi alternatif alami untuk mencegah pecahnya pembuluh darah, mencegah diabetes dan penyakit jantung.

Pengolahan secara sederhana bisa dilakukan dengan cara memotong-motong kulit buah naga yang telah dibersihkan menjadi bagian-bagian yang kecil dan dikeringkan dibawah terik sinar matahari. Setelah itu, kulit buah naga yang sudah dikeringkan tersebut, anda seduh sebagai minuman yang sering disebut dengan teh kulit buah naga.

Sumber berita : klik di sini

Share Button