Samarinda, 14 April 2015. Labi-labi (Amydacartilaginea) yang dikenal juga dengan nama bulus menjadi salah satu daya tarik pengunjung pada pameran nasional Produk unggulan, pariwisata, Investasi dan Hasil Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dengan tajuk “Kaltim Fair 2015”, yang ditampilkan Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA). Kaltim Fair 2015 merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-58 Provinsi Kalimantan Timur yang diikuti oleh SKPD Kaltim, Kabupaten/Kota, Perbankan, UMKN dan sejumlah lembaga lainnya yang digelar di Komplek Stadion Sempaja Samarinda selama 5 hari dari tanggal 9 s.d 13 April 2015, event tahunan ini dibuka oleh Gubernur Kalimantan Timur yang diwakili oleh Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan HM Sabani yang sebelumnya dilakukan pagelaran berbagai atraksi kesenian khas daerah dari Kalimantan Timur dan juga dari warga nusa tenggara timur yang berdomisili di Kota Samarinda.

Pameran yang ditampilkan oleh Balitek KSDA mengangkat berbagai kegiatan penelitian yang telah dilakukan dalam mewujudkan Teknologi Konservasi Sumberdaya Alam, diantaranya Labi-labi (Amydacartilaginea), poster Tumbuhan Hutan Berkhasiat Obat dan poster Jenis-jenis tumbuhan lokal untuk reklamasi lahan bekas tambang batubara serta berbagai hasil penelitian yang telah dilakukan Balitek KSDA beberapa tahun terakhir dalam bentuk leaflet. Labi-labi menjadi salah satu magnet dari stand pameran Lingkungan hidup dan Kehutanan karena ditampilkan contoh hewan amphibi tersebut dalam keadaan hidup. menurut Teguh Muslim, peneliti dari Balitek KSDA “Labi-labi (Amydacartilaginea) termasuk satwaliar yang tidak dilindungi oleh undang undang RI namun masuk dalam kategori Apendix II CITES dan Red List IUCN dalam kategori rentan”. Kaltim Fair 2015 merupakan pameran perdagangan dan perindustrian yang menampilkan produk unggulan daerah, investasi, pariwisata, perikanan, pertanian, kehutanan, serta perusahan binaan BUMN”. Selain itu, pameran ini sangat penting sebagai media promosi potensi unggulan daerah, pemerintah, investor maupun masyarakat baik itu dibidang industri, ekonomi, perikanan, kehutanan, pariwisata, perdagangan baik skala kecil sampai skala besar.

Balitek KSDA merupakan salah satu institusi penghasil IPTEK Kehutanan yang ada di Kalimantan Timur, Sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya kepada publik berkewajiban menyebarluaskan hasil-hasil penelitian kepada masyarakat salah satunya dengan turut berpartisipasi untuk menyampaikan hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai bentuk diseminasi yang disampaikan kepada masyarakat luas antara lain pengunjung pameran, kalangan pendidikan dan akademisi, instansi dan stakeholders. Pada pameran ini, Balitek KSDA bersama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur beserta UPTD Dishut,  Pusat Pengendali Ekoregion Kalimantan dan beberapa UPT Kementerian Kehutanan yang berada di Kalimantan Timur tergabung dalam satu stand bersama yaitu Stand Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kalimantan Timur.

IMG_1471 Pengunjung terlihat sangat antusias dalam pameran ini. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya minat pengunjung untuk menggali informasi dari stan lingkungan hidup dan kehutanan selain itu Informasi tentang labi-labi menjadi salah satu topik yang banyak diperhatikan oleh masyarakat karena salah satu jenis amphibi yang sangat jarang dilihat oleh masyarakat luas, selaian itu Tumbuhan Hutan Berkhasiat Obat juga menjadi sumber informasi yang banyak diperhatikan oleh pengunjung merupakan pengetahuan praktis sehari-hari tentang tumbuhan obat yang merupakan tumbuhan asli Kalimantan yang banyak dijumpai disekitar pemukiman dan kebun dan juga jenis-jenis tumbuhan lokal untuk reklamasi lahan bekas tambang batubara.IMG_1508

Dalam pameran ini Balitek KSDA berkesempatan membagikan kepada pengunjung berupa pembatas buku dengan tema hasil-hasil penelitian yang dilakukan dan yang dipamerkan pada saat itu seperti labi-labi, Bekantan dan orangutan. Stand Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Pameran kaltim Fair 2015 sendiri diketuai oleh Ahmad Gadang pamungkas dengan dibantu seluruh anggota panitia Kaltim Fair 2015 yang berasal dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur beserta UPTD, Pusat Pengendali Ekoregion Kalimantan dan beberapa UPT Kementerian Kehutanan yang berada di Kalimantan Timur dengan mengemban tugas bertanggungjawab atas kelancaran dan partisipasi dalam Kaltim Fair 2015. (DAP)

 

Share Button