Siswa-siswi SDIT Al-Aulia 2 Balikpapan mengadakan kunjungan pendidikan di Balitek KSDA pada Sabtu (01/11). Kunjungan pendidikan ini diikuti oleh 143 peserta yang terdiri dari 135 siswa kelas IV dan 8 guru pendamping.

Kunjungan kali ini disambut hangat oleh kepala balai Ahmad Gadang Pamungkas, S.Hut, M.Si di halaman kantor Balitek KSDA. Dalam sambutannya Gadang mempersilahkan siswa-siswi SDIT Al-Aulia 2 untuk belajar tentang apa saja di Balitek KSDA. Mulai dari penelitian, Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Hutan Penelitian Samboja, Herbarium Wanariset, persemaian, dan penangkaran rusa.

Siswa-siswi SDIT Al-Aulia 2 pada rencana awal akan melakukan tracking di Rintis Wartono Kadri. Namun karena hujan pada pagi hari sebelum kegiatan sehingga kondisi tidak memungkinkan, maka kegiatan dialihkan dengan materi dan kunjungan persemaian, penangkaran rusa sambar dan herbarium wanariset yang letaknya di seputar kantor Balitek KSDA.

2Kegiatan pertama dilakukan dengan materi “Pengenalan Hutan” yang dipresentasikan oleh Tri Atmoko, S.Hut, M.Si. Dalam materi ini juga disampaikan tentang regenerasi hutan (siklus hara) dan siklus energi.

“Siapa yang tahu buah ulin?”, tanya Tri. “Saya tau pak. Kayunya warnanya hitam”, teriak salah siswa. Sembari mencoba mengenalkan ciri-ciri maupun manfaat kayu Ulin kepada siswa-siswi ini, Tri memperlihatkan sampel buah ulin yang memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Selain itu peserta diajak untuk mengenal sampel berbagai buah hutan antara lain buah keruing, meranti dan kapur yang dikoleksi Balitek KSDA.

Kegiatan diselingi dengan pembagian doorprize bertemakan konservasi berupa T-shirt, buku agenda, pin dan gantungan kunci.

Selanjutnya peserta diajak untuk berkunjung ke persemaian yang dikelola dibawah KHDTK Hutan Penelitian Samboja. Peserta diajak untuk mengenal jenis-jenis tumbuhan yang ada di persemaian antara lain gaharu, ulin, meranti, kapur dll. Kali ini peserta didampingi oleh Mardi Tofani Rengku, Deny Adi Putra, dan Ulfa Karmila Sari, S.Hut.

Setelah mengunjungi persemaian, peserta diajak untuk melihat penangkaran rusa sambar yang terletak di belakang aula Balitek KSDA dan didampingi oleh drh. Amir Ma’ruf, M.Hum.
Setelah itu siswa-siswi menikmati makan siang di aula Balitek KSDA sembari menyaksikan film konservasi tentang Bekantan di Kalimantan.

8Setelah istirahat siang, siswa-siswi diajak untuk melihat koleksi herbarium di Herbarium Wanariset yang merupakan penutup rangkaian kegiatan kunjungan pendidikan SDIT AL-AULIA 2 Balikpapan. Sambil mendengarkan penjelasan dari tim pemateri herbarium Mira Kumalaningsih, Priyono, Nanda Farhazakia dan Dwi Wahyu Mentari terlihat siswa-siswi bertanya tentang jenis-jenis tanaman yang ada, tempat mengambil koleksi, jumlah koleksi dan cara pembuatannya.

Semoga kunjungan pendidikan ini dapat memotivasi anak-anak untuk lebih mencintai hutan dan keanekaragaman hayati Indonesia.***ADS

Share Button