Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) meluncurkan Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) 2015. PLI tahun ini merupakan gelaran ke-19 sejak dimulai pada 1996.

Rencana PLI 2015 ini akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center 18-21 Juni 2015 yang akan dibuka oleh Wakil Presiden RI.

Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat KLHK Ilyas Asaad mengatakan, melalui PLI masyarakat diedukasi untuk tahu kondisi lingkungan, bagaimana mengatasi persoalan lingkungan dan kebijakan yang dilakukan pemerintah.

“Peringatan PLI tahun lalu tercatat 64.000 orang hadir dengan 37 dunia usaha, swasta dan BUMN,” katanya dalam peluncuran PLI 2015 di Jakarta, Selasa (21/4).

Ilyas mengimbau meski PLI 2015 dipusatkan di Jakarta, pemerintah juga diminta memperingati hari lingkungan hidup.

“Penyelenggaraan PLI merupakan rangkaian peringatan hari Lingkungan Hidup Dunia atau World Environment Day (WED) yang merupakan perayaan lingkungan hidup terakbar di seluruh dunia,” katanya.

Puncak acara itu diperingati 5 Juni setiap tahunnya. Sejak digelar pertama kali tahun 1972, WED telah menjadi media bagi Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui United Nations Environment Programme mengampanyekan pentingnya kelestarian lingkungan hidup.

Peringatan hari lingkungan sedunia bertujuan menyadarkan semua pihak untuk ikut bertanggungjawab merawat bumi sekaligus menjadi pelopor perubahan bumi dan lingkungan hidup.

Tahun ini WED mengangkat tema “Seven Billion Dreams One Planet Consume with Care”.

PLI 2015 nanti akan diadakan serangkaian kegiatan seperti lomba mewarnai dan menggambar anak-anak, foto lingkungan, eco driving workshop dan rally, lomba green music, eco creative, fun walk, fun bike, seminar dan workshop serta kompetisi insinyur cilik.

Sumber : klik disini

Share Button