Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, mengatakan pemerintah akan bersikap tegas terhadap para perusahaan yang terlibat dalam kebakaran lahan. Menurutnya ada sekitar 286 perusahaan yang akan diperiksa. “Banyak yang akan diperiksa, ada 139 ditambah 147 perusahaan yang sedang kami siapkan,” ucapnya di Hotel Grand Kemang, Ahad,  27 September 2015.

Hal tersebut juga sebagai peringatan bagi siapapun yang berniat menggunakan kanal pengairan lahan gambat untuk mengangkut kayu gelondongan hasil pembalakan liar. “Akan kami awasi, pemerintah lagi galak-galaknya,” ujar Siti.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menginstruksikan untuk membangun kanal di Kalimantan selatan sebagai langkah preventif dalam mencegah kebakaran lahan gambut. Namun instruksi ini dikhawatirkan akan akan berpengaruh negatif, pasalnya kanal biasa digunakan sebagai sarana pengangkut kayu gelondongan hasil pembalakan.

Terkait hal itu, Siti mengatakan harus bicara secara keseluruhan, bagaimana sistem pengawasan di kehutanan. “Kami sekarang turun ke lapangan lagi untuk memeriksa wilayah. Ada 183 orang yang terbagi jadi 61 tim,” katanya.

Sumber : klik di sini

Share Button