Dalam  rangka  penyegaran  kompetensi  kepenelitianan,  BALITEK KSDA  Samboja  mengadakan  pelatihan  (inhouse training) Metodologi Penelitian.  Pelatihan diarahkan pada praktik penerapan statistika komputer  untuk penelitian-penelitian konservasi.  Pelatihan dilaksanakan  selama 2 hari penuh  pada Kamis-Jumat tanggal 26 – 27 Januari 2012 bertempat di  Aula BALITEK KSDA Samboja.   Bertindak sebagai pengajar dan fasilitator adalah DR. Fajar  dibantu staf dari Pusat Perhutanan Sosial  Universitas Mulawarman.   Pesertanya adalah para peneliti dan teknisi dari BALITEK KSDA.

Sebelum pelatihan dimulai para peserta diminta untuk menyampaikan judul kegiatan penelitian masing-masing, yang kemudian akan menjadi bahan diskusi, terutama menyangkut analisis statistik yang akan dipergunakan. Setelah pelatihan usai diharapkan para peneliti mampu memanfaatkan instrument statistik yang sudah tersedia dalam  berbagai software, untuk secara langsung diimplementasikan dalam pengolahan data-data penelitian.

Dalam kesempatan itu Kepala Balai menyampaikan bahwa penguasaan metodologi penelitian termasuk instrument-intrumen analisisnya adalah bekal penting bagi seorang peneliti. Karena instrumen-instrumen analisis itu terus berkembang, demikian juga  teknologi komputasi yang mendukungnya, maka peneliti sebaiknya  terus memperbarui keterampilan dan pengetahuannya.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

saya bukan spam / robot *