Dalam rangka meningkatkan kemampuan fotografi, Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) mengadakan in house training fotografi pada hari Rabu, 16 Desember 2015 di Aula Balitek KSDA. “Fotografi merupakan skill yang sangat penting dan harus dimiliki seluruh peneliti, teknisi dan pegawai Balitek KSDA. Kemampuan fotografi yang baik tentu akan diikuti karya foto yang baik juga”, kata Ahmad Gadang Pamungkas kepala Balitek KSDA dalam sambutannya.

Kegiatan pelatihan fotografi ini dibimbing oleh Martinus Wikan Hendarman yang biasa disapa Een, wartawan Tribun Kaltim dan fotografer Balikpapan Nature and Wildlife Photograpy.  Materi yang disampaikan adalah fotografi dasar, nature dan fotografi wildlife yang diharapkan dapat mendukung kinerja peneliti dan teknisi di lapangan.

“Jangan pernah takut untuk berbelanja foto!”, kata Een pria penyabet berbagai ajang lomba fotografi ini. Berbelanja foto merupakan istilah untuk memberikan semangat kepada peserta pelatihan. Mengabadikan setiap momen yang ada di sekeliling dan di lapangan saat penelitian tanpa takut bahwa foto yang dicapture hasilnya kurang bagus. “Kemampuan fotografi merupakan kemampuan yang perlu diasah. Rasa dalam setiap foto akan tertempa dengan seringnya kita melakukan hunting foto”, tandasnya.

Materi fotografi dasar disampaikan pagi hingga siang hari. Terlihat antusias peserta dengan asyik berdiskusi kendala yang dialami saat pemotretan di lapangan berdasarkan pengalaman fotografi peserta. Bagaimanakah cara menghasilkan foto yang bercerita juga dibahas pada sesi ini. Foto wildlife yang bercerita (tidak hanya sekedar foto hewannya saja) melainkan foto yang menunjukkan kegiatan maupun interaksi indah yang harus ditangkap oleh fotografer.

Praktek fotografi dilakukan pada siang sampai sore hari di lingkungan kantor Balitek KSDA. Terlihat para peserta mengabadikan objek di sekeliling mereka. Obyek mereka mulai dari semut, bunga, serangga, burung, dan human interest. Pada sore harinya, hasil karya masing-masing peserta pelatihan dievaluasi bersama. Dari hasil diskusi ini peserta mengetahui kekurangan dan kelebihan foto hasil karya mereka masing-masing sebagai bekal untuk pemotretan selanjutnya.

Selain itu Een juga berbagi trik mengenai perlombaan foto. Bagaimanakah ciri-ciri foto yang bakal menjadi kandidat pemenang dan juga berbagai trik lainnya agar para peserta juga bersemangat untuk mengikuti berbagai ajang lomba foto.

Kegiatan ini diikuti oleh pejabat struktural, peneliti, teknisi, staf dan juga oleh peneliti dari UPT Kebun Raya Balikpapan sebanyak 2 peserta. Diharapkan dengan berbekal kemampuan fotografi yang handal akan menghasilkan karya foto yang handal juga.***ADS

Share Button