FORDA (Bogor, 17/10/2014)_Mungkin masih sedikit yang tahu bahwa hari Jumat (17 Oktober 2014) yang lalu adalah hari ulang tahun Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) yang pertama. Berdasarkan Anggaran Dasar, Himpenindo adalah organisasi profesi berbadan hukum dalam bidang penelitian dan pengembangan (litbang) ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Himpunan profesi ilmiah tersebut menjadi forum komunikasi para peneliti dalam upaya terciptanya profesionalisme dan peran serta peneliti dalam pembangunan nasional. Selain itu, Himpenindo diharapkan dapat mewadahi seluruh aspirasi dan kepentingan peneliti yang secara terus menerus mampu menghasilkan invensi, inovasi, paten, serta hak kekayaan intelektual lainnya.

Saat ini, terdapat sekitar 1.300 peneliti dari berbagai bidang ilmu di LIPI dan sekitar 7.997 peneliti di lembaga-lembaga litbang yang jabatan fungsionalnya dibina LIPI. Sekitar 5 persen peneliti tersebut berasal dari Kementerian Kehutanan (Badan Litbang Kehutanan). Jumlah yang cukup besar ini belum termasuk para peneliti di perguruan tinggi (akademisi) yang jumlahnya mencapai 30.000 orang, peneliti dari daerah, serta peneliti swasta dan lembaga internasional di seluruh Indonesia.

Ulang tahun dan Rapimnas pertama Himpenindo dibuka oleh ketua umum Himpenindo, Prof. Dr. Bambang Subiyanto dan Plt. Kepala LIPI, Dr. Akhmadi Abbas, serta dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng. Pada acara tersebut dipaparkan keynote speech oleh Staf Ahli Menteri Riset dan Teknologi, Prof. Dr. L. Broto Sugeng Kardono, Apt dan oleh Dewan Penasehat Himpenindo, Prof. Dr. Lukman Hakim.

Rapimnas Himpenindo juga disemarakkan dengan diskusi terkait empat agenda penting, yaitu: 1) bagaimana meningkatkan daya saing peneliti dan penelitian Indonesia di kancah dunia, 2) wacana penggabungan Kemenristek dengan Ditjen. Pendidikan Tinggi, serta peleburan lembaga-lembaga litbang kementerian dalam satu institusi, 3) bagaimana menghebatkan Himpenindo, dan 4) lain-lain.

Beberapa masukan dan tindak lanjut hasil Rapimnas yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Kusumo Diwyanto, MS (Kementan) dan Ir. Syahrir Ika, MM (Kemenkeu) ini dapat dilihat di web Himpenindo http://www.situs.opi.lipi.go.id/himpenindo atau http://www.himpenindo.lipi.go.id.

Pada acara tersebut juga diadakan pelantikan pengurus Himpenido Cabang Kementerian Kehutanan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum Himpenindo No. 04/SK/Himpenindo/2014. Ketua umum Himpenindo cabang Kemenhut, Dr. Ir. Kirsfianti L. Ginoga, M.Sc., atas nama pengurus, menerima mandat dari ketua umum Himpenindo, Prof. Dr. Bambang Subiyanto.

Selanjutnya, Himpenindo cabang Kemenhut ini diharapkan dapat melaksanakan kegiatan internal, antara lain: mendorong profesionalisme, kesejahteraan, pelaksanaan etika peneliti, serta sinergitas penelitian; dan membangun kerjasama eksternal bersama pemerintah, swasta, dan masyarakat dengan mengedepankan pemanfaatan iptek dan kebijakan pembangunan berbasis riset. Peran pemerintah juga diperlukan dalam menyediakan biaya penelitian dan mendorong penghargaan terhadap peneliti.**(KLG/PS/RE)

Sumber : forda-mof.org

Share Button