Peringatan Hari Konservasi Alam yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Agustus merupakan momen strategis sebagai ajang penyadartahuan masyarakat tentang pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat. Melalui peringatan HKAN ini diharapkan kesadaran pentingnya konservasi alam semakin meningkat, menggalang semangat, memotivasi masyarakat Indonesia untuk memahami pentingnya menyelamatkan ekosistem alam dengan tidak melakukan kerusakan terhadap kawasan-kawasan konservasi, tidak membuang sampah sembarangan, menanam jenis-jenis tanaman endemik dan jenis langka, melepas satwa liar yang dilindungi ke habitat alamnya, menghindari penggunaan barang-barang yang tidak terurai seperti plastik, tidak melakukan pembakaran lahan tanpa terkendali, turut berpartisipasi mencegah pembalakan liar dan perdagangannya termasuk perdagangan satwa dan flora yang dilindungi.
Maksud dilaksanakannya Peringatan Hari Konservasi Alam Tahun 2015 adalah sebagai momentum untuk terus memasyarakatkan konservasi alam sebagai komitmen, sikap hidup dan budaya seluruh unsur bangsa.
Tujuan Kegiatan
Meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya konservasi alam dan kelestarian kenakeragaman hayati beserta ekosistemnya bagi kesejahteraan masyarakat;
Tema Peringatan Hari Konservasi Alam Tahun 2015 adalah : “Keberlanjutan Konservasi Alam untuk Kesejahteraan Masyarakat yang Berkeadilan”.
Peringatan Hari Konservasi Alam Tahun 2015 ini dilaksanakan melalui serangkaian acara yang dimulai sejak tanggal 7 – 18 Agustus 2015, yaitu :
  • Jambore Konservasi Alam Nasional, tanggal 8-10 Agustus 2015 di Daerah Penyangga TN Ujung Kulon
  • Talkshow Konservasi Alam, tanggal 8 Agustus 2015 di Daerah Penyangga TN Ujung Kulon
  • Deklarasi Gerakan Nasional Penyelamatan Biodiversitas, tanggal 8 Agustus 2015 di Daerah Penyangga TN Ujung Kulon
  • Sarasehan Wana Lestari, tanggal 14 – 18 Agustus 2015 di Jakarta
  • Talkshow “Save Our Littoral Life”, tanggal 16 Agustus 2015 di Jakarta
  • Launching “Indonesia Biodiversity Strategic Action Plan” tanggal 18 Agustus 2015 di Jakarta
  • Penandatanganan Kerjasama Bidang Konservasi, tanggal 18 Agustus 2015 di Jakarta
Ayo kita ikut berpartisipasi dan semarakkan acara HKAN tahun 2015 untuk konservasi alam konservasi kehidupan.
Berikut Poster dan Slide Banner
Sumber : klik di sini
Share Button