Keindahan hutan KHDTK Samboja yang terbingkai elok mendapatkan apresiasi positif dari Gubernur Kalimantan Timur Dr. H. Awang Faroek Ishak pada acara Sosialisasi dan Ekspose tentang Pohon Jabon, Daerah Aliran Sungai (DAS) serta Rapat Koordinasi (RAKORDA) Kelitbangan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2016 dan Arahan Bapak Gubernur Kepada Peneliti Se-Kalimantan Timur di Lamin Etam, Samarinda (2/11/2016).1

Foto dengan judul “Heavenly Morning in KHDTK Samboja” merupakan foto yang diabadikan Agustina DS di Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Hutan Penelitian Samboja di Km. 9. Foto tersebut diserahkan kepada Gubernur Kalimantan Timur oleh Kepala Balitek KSDA, Ahmad Gadang Pamungkas, S.Hut, M.Si dalam awal rangkaian acara tersebut untuk lebih mengenalkan keindahan hutan yang dikelola Balitek KSDA.

Sebelumnya, foto tersebut merupakan foto pesanan Awang pada saat pertemuan terdahulu di Kantor Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda (11/10/2016).

6“Saya sangat senang melihat foto lanscape hutan ini. Hal seperti ini tentu saja dapat menjadi sesuatu yang bisa kita tunjukkan kepada dunia luar selain sisi lain Kalimantan Timur yang memiliki bekas tambang batubara banyak menganga”, kata Awang saat itu.  Awang berharap bisa menunjukkan kepada tamu yang datang ke kantor provinsi tentang  keindahan hutan yang masih tersisa di Kalimantan Timur ini.

Keindahan bentang alam KHDTK Samboja terangkai indah dengan sebuah puisi yang juga disajikan bersama foto tersebut:

Satu rekaman keindahan panorama sudut KHDTK Samboja,

kala semburat mentari mulai menyambangi pucuk-pucuk meranti,

dan bulir-bulir embun masih anggun menggantung di daun-daun.

 

Di sana, di sela hamparan kabut menyelimut lembah dan gemunung,

bala satwa terjaga, seketika riuh, semakin gaduh, bersahutan mensyukuri datangnya hari baru.

 

Dan bangsa burung pun lantang memekikkan pesan sepanjang zaman,

“Hai, manusia! Jaga! Jagalah zamrud kita! Jaga! Jagalah amanah sebagai khalifah!”

(Topik & Eka)

 

Terdengar tepuk tangan yang sangat meriah dari tamu undangan mengiringi penyerahan foto tersebut. ***ADS

Share Button