Dalam rangka menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) hasil penelitian dan pengembangan (litbang) dan inovasi kepada para pihak, Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK) akan menyelenggarakan Gelar Teknologi (Geltek ) Hasil Litbang dan Inovasi Tahun 2015 di Hotel Novotel, Balikpapan (Selasa, 9/06/2015).

Hasil litbang tersebut diharapkan akan menjadi input  yang obyektif dalam pengambilan kebijakan, basis solusi permasalahan aktual kehutanan, dan penghasil inovasi teknologi yang dapat mendorong akselerasi pencapaian tujuan pembangunan kehutanan. Diketahui bahwa untuk mewujudkan pengelolaan hutan yang lestari baik dalam aspek ekonomi, sosial maupun ekologi harus didasarkan pada IPTEK yang valid, terkini dan dihasilkan dari kegiatan penelitian dan pengembangan.

Geltek Hasil Litbang dan Inovasi Tahun 2015 bertemakan “Konservasi Sumber Daya Alam, Restorasi Areal Terdegradasi Pasca Tambang dan Pengelolaan Dipterokarpa”. Hal ini mencerminkan bahwa hasil litbang berkontribusi dalam memecahkan masalah utama pembangunanan kehutanan, yaitu degradasi hutan dan lahan yang disebabkan oleh kegiatan penambangan, illegal logging, kebakaranmaupun konversi hutan. Selain itu, juga mencerminkan bahwa hasil litbang dapat meningkatkan produktivitas hutan alam dan menjaga keseimbangan alam dan ekosistem.

Kegiatan geltek tahun ini bertujuan untuk lebih mendekatkan, mentransformasikan dan meningkatkan pemanfaatan IPTEK kehutanan yang dihasilkan Badan Litbang dan Inovasi kepada para pengguna, mendorong terwujudnya keberhasilan rehabilitasi dan restorasi lahan terdegradasi pasca tambang, kelestarian jenis dan keseimbangan ekosistem hutan yang harmonis,  produktivitas hutan dari jenis dipterokarpa , serta meningkatkan interaksi dan kerjasama kemitraan, antara peneliti dan pengguna.

Geltek Hasil Litbang dan Inovasi Tahun 2015 dilaksanakan sebagai side event kegiatan Rapat Koordinasi (Rakornis) Badan Litbang dan Inovasi, Kemen-LHK pada tanggal 9-12 Juni 2015 di Hotel Novotel, Balikpapan. Dimana kegiatanya dibagi menjadi dua kegiatan yaitu: a). Geltek hasil litbang dan inovasi Kemen-LHK serta Launching beberapa buku hasil penelitian pada tanggal 9 Juni 2015, ; b). Pameran hasil litbang dan inovasi kemen-LHK, pada tanggal 9-11 Juni 2015.

Acara ini akan dibuka oleh kepala Badan Litbang dan Inovasi Kemen-LHK dan mengundang sekitar 100 orang peserta, yang terdiri dari: para pengambil kebijakan, peneliti, akademisi, praktisi kehutanan dan lingkungan, swasta, dan NGO/LSM serta instansi terkait di wilayah Kalimantan.

Rangkaian acara geltek tahun ini akan dikemas dalam bentuk talkshow yang dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama menyajikan materi ‘Menghutankan Lahan Bekas Tambang Timah’ dan ‘Penerapan Konsep Bersinergi dengan Alam untuk Merehabilitasi Lahan Pascatambang Batubara’. Sedangkan sesi kedua menyajikan materi ‘Teknologi Tepat Guna dalam rangka Diversifikasi Produk Tengkawang untuk Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat Lokal’ dan ‘Teknologi Isomik (Isolat Mikroba) untuk Rehabilitasi Lahan Bekas Tambang’.

Sebelum acara talkshow akan diselenggarakan launching 5 buah buku hasil litbang dan inovasi, yaitu:

  1. Agroforestry Berbasis Jelutung Rawa : Solusi Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan Pengelolaan Lahan Gambut ;
  2. Jenis-jenis Tumbuhan dari proses Regenarasi Alami di Lahan Bekas Tambang Batubara;
  3. Burung dan Kelelawar di Lahan Bekas Tambang Batubara
  4. Panduan Pengukuran Karbon Tegakan Tanaman Meranti
  5. Shorea leprosula Miq dan Shorea johrensis Foxw: Ekologi, Silvikultur, Budidaya dan Pengembangan.

Selama acara berlangsung juga dilaksanakan pameran hasil litbang dan inovasi lingkungan hidup dan kehutanan. Kegiatan pameran ini terselenggara atas kerjasama dan dukungan dari Pusat Kegiatan pameran terselenggara atas kerjasama dan dukungan dari Pusat Pengelolaan Ekoregion Kalimantan, Balai Besar Penelitian Dipterokarpa (B2PD) Samarinda, dan Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (BPTKSDA) Samboja.

Sumber : forda-mof.org

Share Button