Founder and President Four Paws International Meninjau Sekolah Hutan – Orangutan Research Center Samboja

Heli Dungler, Founder and President of Four Paws International berkunjung ke Sekolah Hutan Orangutan di KHDTK Samboja pada kamis, 17 mei 2018. Dungler datang bersama dengan rombongan didampingi oleh tiga pihak penggagas ORC yaitu Balitek KSDA (Ahmad Gadang Pamungkas, S.Hut, M.Si), BKSDA r (Ir. Sunandar Trigunajasa) dan Hery Estaman (Yayasan Jejak Pulang).Kalimantan Timur (Ir. Sunandar Trigunajasa) dan Hery Estaman (Yayasan Jejak Pulang). Ia ingin melihat secara langsung bagaimana aktifitas Orangutan Research Center (ORC).

Four Paws adalah organisasi internasional berpusat di Wien Austria, yang konsern dengan isu kesejahteraan satwa (animal welfare) di berbagai negara. Di Indonesia, Four Paws menjadi donor utama aktifitas Yayasan Jejak Pulang.

Sampai saat ini ORC telah merawat 8 individu bayi orangutan dari berbagai tempat di Kalimantan Timur. Semua orangutan rehabilitant tersebut sudah tidak mempunyai induk yang disebabkan oleh perburuan atau konflik dengan manusia.

“Mr Heli Dungler datang meninjau apa saja kegiatan yang telah dilakukan di Jejak Pulang yang bekerjasama dengan Balitek KSDA dan BKSDA. Dia juga ingin melihat bagaimana program rehabilitasi dan reintroduksi orangutan di Jejak Pulang dikelola,” Ungkap dr Signe Preuschoft.

Kepala BKSDA mengapresiasi Four Paws dengan membantu penyelamatan satwa di kaltim melalui Jejak Pulang. “Kami berterimakasih dan apresiasi atas support dan dukungan Four Paws terhadap upaya penyelamatan satwa di kaltim khususnya orangutan. Karena masih banyak hal terkait penanganan satwa liar yang membutuhkan bantuan dari berbagai pihak,” kata Nandar.

Pada kesempatan ini juga diberikan dua penghargaan “Honorary Orangutan Ambassador” kepada Mayjen TNI (Purn) Saurip Kadi dan Justiani Liem atas dukungan dan kepeduliannya terhadap konservasi orangutan khususnya di Yayasan Jejak Pulang.