Display Publikasi Balitek KSDA di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan

Balitek KSDA (Balikpapan, 09/08/2018)_Untuk menyebarluaskan data dan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan teknologi konservasi sumber daya alam kepada masyarakat luas, Balitek KSDA bekerjasama dengan PT. Angkasa Pura I memasang display publikasi di Gate 3, Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan sejak Selasa, 31 Juli 2018.

Ahmad Gadang Pamungkas, S.Hut., M.Si, Kepala Balitek KSDA berharap bahwa display publikasi ini mampu memperkenalkan Balitek KSDA dan KLHK kepada masyarakat luas. Selain itu juga sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat atas kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi Konservasi Sumber Daya Alam.

Mengapa dipilih Bandara SAMS? “Bandara SAMS dipilih karena merupakan ruang publik

bertaraf internasional, menjadi salah satu simpul mobilitas manusia dari dan ke seluruh Indonesia, serta berlokasi paling dekat dengan Balitek KSDA”, kata Taufiqurrohman, S.Hut, MPA Kepala Seksi Data, Informasi dan Sarana Penelitian Balitek KSDA.

Hal tersebut selaras dengan yang disampaikan General Manager PT Angkasa Pura I Handy Heryudhityawan pada saat koordinasi rencana pemasangan display beberapa waktu sebelumnya. “Bandara bisa diibaratkan sebuah panggung terbuka dimana ada ribuan penonton yang datang tanpa perlu kita undang, sehingga sangat efektif sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi.”

Display yang dipasang merupakan instalasi berupa neon box dan panel berbagai jenis kayu dengan ukuran panjang 5,2 m, lebar 2,4 m, dan tinggi 4,5 m dihiasi dengan pohon dan bunga-bunga. Pada neon box ditampilkan logo PT Angkasa Pura, logo Balitek KSDA, serta para mitra kerjasama Balitek KSDA. Sedangkan pada papan panel dipamerkan materi publikasi antara lain video berbagai kegiatan penelitian, video Herbarium Wanariset, video orangutan, video bekantan, poster digital, buku, leaflet, booklet, souvenir, buah ulin (Eusideroxylon zwageri Teijsm. et Binn), jenis-jenis buah dipterocarpa, poster penelitian tumbuhan obat, poster reklamasi tambang batubara, poster satwa primata Kalimantan dan poster potensi keanekaragaman hayati Hutan Wartono Kadri, gambar spesimen tumbuhan, gambar spesimen hewan.

Waktu pemasangan display direncanakan selama tiga bulan yaitu Agustus s.d. Oktober 2018 dengan lokasi berbeda di terminal Bandara SAMS.

Bagi sahabat konservasi yang sedang di ruang tunggu bandara SAMS silahkan mampir dan berselfie ria.