Dalam rangka memperingati hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2017, Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) Samboja dan masyarakat mengadakan kegiatan “Bersih-bersih Sampah Bersama Masyarakat di Km 1 s.d. 3 KHDTK Samboja.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WITA ini diikuti 100 orang terdiri dari pegawai Balitek KSDA, Kelurahan Sei Merdeka, Yayasan Jejak Pulang, Fans for Nature, Forum Pemuda 38, masyarakat sekitar kantor Balitek KSDA, Pelajar SMK 1 Penajam Paser Utara, serta Pelajar SMK Nusantara yang sedang magang di Balitek KSDA.

“Balitek KSDA ingin mengajak masyarakat untuk sadar dan peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan dan hutan Samboja. Sampai Saat ini masih banyak dijumpai masyarakat yang membuang sampah rumah tangga ke kawasan KHDTK Samboja”, kata Taufiqurrohman, S.Hut, MPA, Pengelola KHDTK Hutan Penelitian Samboja.

Untuk kedepannya, Balitek KSDA akan bekerjasama dengan perusahaan tambang sekitar kawasan KHDTK Samboja untuk membuatkan tempat sampah yang bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat pembuangan sampah sementara, imbuh Taufiq.

Sedangkan Didik perwakilan Forum Pemuda 38 menyatakan forum berkeinginan untuk membantu mengumpulkan dan mengelola sampah dari warga supaya lebih tertib namun juga dapat memberikan nilai ekonomi. Dengan upaya ini diharapkan hutan KHDTK Samboja akan terbebas dari sampah kedepannya.***ADS

Share Button