“Planet kita sedang demam, bagaimana mengobatinya?”

Pertanyaan menggelitik dari Arnold Sitompul, Direktur Konservasi WWF Indonesia membuka konferensi press kampanye #BeliYangBaik di The Sultan Hotal, Jakarta (5/6).

Eksploitasi alam yang tiada henti telah menyebabkan kelangkaan sumber daya alam serta degradasi lingkungan, khususnya di Indonesia. Semua ini bukan tanpa alasan, melainkan industri yang coba memenuhi kebutuhan manusia modern selama ini. Sayangnya, masyarakat kerap tak acuh dengan proses dibalik produksi produk-produk kelontong tersebut. Dari mana, terbuat dari apa, dan siapa yang dirugikan?

Tema yang diusung oleh United Nations Environment Programme (UNEP) dalam peringatan tahun ini, “7 miliar, 1 planet, konsumsi dengan bijak” mencoba menjelaskan fenomena bahwa planet kita yang hanya satu ini sedang mengalami perubahan suhu dan semakin tak mampu untuk memenuhi kebutuhan 7 miliar manusia yang akan terus bertambah hingga 9,3 miliar pada 2050 mendatang.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015 diperingati WWF sebagai peluang untuk mengedukasi masyarakat supaya melek terhadap gaya hidup yang lebih ekologis. Melalui kampanye #BeliYangBaik, WWF Indonesia mempelopori tindakan kritis ini. “Jawabannya ada di kita, peduli dan mau atau tidak?” Ujar Nugie, salah satu champion yang mendukung kampanye ini dengan mengenalkan gaya hidup hijau dan lagunya “Mulailah Dari Diri Sendiri”.

Retno Utaira Pantouw, Direktur Keuangan WWF-Indonesia mengatakan bahwa kunci utama sebagai konsumen yang cerdas adalah mengenal latar belakang calon produk yang akan dibeli. Produk-produk ramah lingkungan dapat dikenali melalui label sertifikasi dari Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO), Forest Stewardship Council (FSC), ataupun produk berteknlogi hybrid, dan daur ulang. Beberapa produk yang mendapatkan sertifikasi tersebut adalah tisu Tessa, Lock&Lock, dan Toyota.

Selain menerapkan gaya hidup yang lebih ekologis, WWF juga mengajak masyarakat untuk menyuarakan gerakan ini dengan menandatangani petisi di change.org. “Bila kita semua mau membeli yang baik, artinya produk-produk yang tidak bertanggung jawab itu tidak akan laku. Secara perlahan kita membantu bumi untuk menyembuhkan dirinya. Ingat kita hanya punya satu planet!” tegas Nugie menutup acara dilanjutkan kolaborasi dengan Jamaica menyanyikan Mulailah dari Diri Sendiri.

Share Button