Dalam rangka memperingati hari raya Iedul Adha 1437 H, Balitek KSDA merayakannya dengan pemotongan hewan kurban. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa (13/9 2016), sehari setelah hari raya Iedul Adha. Menurut ketua Panitia kurban, Adi Surya, S.Hut., M.Si., kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dari Jama’ah Mushola Balitek KSDA Samboja. Terdapat kemajuan dalam pelaksanaan kurban pada tahun ini, karena terdapat 3 ekor sapi kurban, sedangkan tahun-tahun sebelumnya hanya 2 ekor sapi saja. Pemotongan hewan kurban dilakukan di workshop UUCD (Unit Uji Coba Dipterocarpaceae) yang merupakan kantor pusat kegiatan KHDTK Samboja.

3Dibawah komando Adi Surya dan Amir Ma’ruf pemotongan dan pembagian kurban dibagi dalam beberapa tim, mulai dari bagian pemotongan hewan kurban, pengulitan, pembersihan, sampai penimbangan daging. Ibu-ibu Darmawanita pun terlibat dalam acara tersebut, dengan sangat gesit dan lincah mereka memotong dan menimbang daging kurban sehingga membuat kegiatan ini semakin terasa lebih ringan.

5Dari 3 sapi kurban, diperoleh sekitar 400 kg daging kurban yang dibagi dalam 310 kantong. Pembagian yang semula diperkirakan mencapai 250 an kantong ternyata melebihi target. Selanjutnya hewan kurban didistribusikan kepada para karyawan dan warga sekitar kantor dan sekitar kawasan KHDTK Samboja. ”Pembagian daging korban kali ini harus merata terutama bagi warga yang tidak mendapat jatah daging kurban sama sekali dari pihak lain“, papar Amir Ma’ruf.

Pembagian daging kurban kepada warga yang ada di sekitar kawasan KHDTK juga diharapkan dapat mendekatkan Balitek KSDA dengan warga sekitar kawasan. Sehingga mereka merasakan manfaat keberadaan Balitek KSDA dan ikut serta secara aktif dalam upaya menjaga dan melestarikan KHDTK Samboja.

Menurut Adi Surya, kegiatan pemotongan hewan kurban dilaksanakan sehari setelah hari raya, karena untuk memberi kesempatan kepada para karyawan yang tinggal di Samarinda dan Balikpapan untuk ikut serta dalam kegiatan pemotongan hewan kurban. “Proses pemotongan dan pembagian hewan kurban kali ini membutuhkan banyak tenaga kalo dilakukan pas hari libur kayaknya gak akan selesai“, lanjut Adi.

Pada hari berikutnya sebagian daging kurban yang dimasak dan dimakan bersama di Kantor Balitek KSDA. “Acara makan bersama ini adalah ungkapan terima kasih atas partisipasi teman-teman semua setelah melaksanakan pemotongan hewan kurban, dengan makan bersama dikantor diharapkan kita bisa merasakan nikmatnya kebersamaan di kantor kita ini”, Ujar Suwarno, Kepala Sub-bag TU Balitek KSDA. Tanpa harus meninggalkan kewajiban dihari kerja kegiatan makan bersamapun berjalan lancar karena ada petugas khusus untuk memasak yang selalu menyajikan menu-menu istimewa di Balitek KSDA.

Acara pemotongan hewan kurban dan menikmati  makan bersama adalah satu cerminan kebersamaan dikantor Balitek KSDA. Sejenak menghilangkan tirai pembatas antara atasan dan bawahan, sejenak mendengarkan nyanyian dan keluh kesah pegawainya membuat suasana kantor yang akrab, juga dengan kehadiran beberapa anak-anak dari karyawan menambah suasana kantor nyaman dan harmonis. **onep

Share Button