Tim Balitek KSDA yang dipimpin Ahmad Gadang Pamungkas, S.Hut, M.Si (Kepala Balai), Pranoto, S.Hut (Kasi Program Evaluasi, dan Kerjasama), satu orang staf, dua orang peneliti, serta satu orang teknisi berkesempatan melaksanakan kunjungan ke SMK Pertanian El Fhaluy Al Faizin, Jonggon Jaya, Tenggarong, Kutai Kartanegara pada Rabu, 03 Agustus 2016.

Perjalanan diawali dari Samboja menuju Kota Tenggarong untuk menemui H. Rudiansyah, SH sebagai pendiri SMK Pertanian El Fhaluy Al Faizin yang juga merupakan salah seorang dari Wakil Ketua DPRD Kab. Kutai Kartanegara (Kukar) di Rumah Dinas beliau.

“Setelah Bapak Rudi ke Samboja, ini merupakan kunjungan balasan kami, sebagai bukti apa yang disampaikan waktu kunjungan pak Rudi di Balitek KSDA.  Balitek KSDA akan berusaha membantu dan membagi pengalaman serta pengetahuan untuk SMK Pertanian El Fhaluy Al Faizin”, demikian Gadang membuka pembicaraan.

“Saya sangat senang dan berterima kasih atas kesediaan Balitek KSDA untuk datang dan membantu, SMK Pertanian El Fhaluy Al Faizin kedepannya. Kegiatan ini akan mendukung program dan kegiatan Pemkab Kukar, khususnya dibidang lingkungan hidup dan kehutanan”, ucap Rudi dengan antusias menyambut tim Balitek KSDA.

Selain itu Rudi juga bersedia untuk membantu mempertemukan langsung pihak Balitek KSDA dengan pejabat terkait di Pemkab Kukar agar program dan kegiatan yang direncanakan oleh Balitek KSDA dapat langsung disampaikan dan didengar oleh Pemkab Kukar.

1Selanjutnya Tim Balitek KSDA dengan didampingi oleh Junadi sebagai pengurus Yayasan El Fhaluy Al Faizin melanjutkan perjalanan menuju SMK Pertanian El Fhaluy Al Faizin.

Bayangan perjalanan yang jauh dan melelahkan yang menurut  Junadi dulu harus ditempuh 4 s.d. 5 jam dengan kondisi jalan masih tanah terbantahkan dengan jalan yang mulus dicor beton dan pemandangan indah hamparan sawah yang menghijau di kiri kanan sepanjang perjalanan. Terlihat juga pemukiman dengan rumah sudah permanen dan areal tambang. Dengan demikian stigma Jonggon yang sepi, jauh dan terisolir dari peradaban langsung hilang dari bayangan.

Tidak terasa sekitar 1 jam Tim Balitek KSDA sampai di SMK Pertanian El Fhaluy Al Faizin yang lagsung disambut oleh Muhtarom, S.Pd selaku kepala sekolah, beberapa orang guru dan pengurus sekolah.

“Dulunya SMK Pertanian Elfhaluy Al Faizin adalah SMA umum yang berdiri sejak tahun 2009, namun karena melihat kebutuhan dan kondisi lingkungan di masyarakat, maka pada tahun 2015 SMA ini  diganti menjadi SMK Pertanian. Dari SMA sampai menjadi SMK sekarang, sekolah ini memang dikhususkan dan seluruh biayanya gratis untuk masyarakat yang tidak mampu”, kata Muhtarom.

Selanjutnya Muhtarom juga menyampaikan bahwa  dengan kondisi yang masih berkembang, SMK Pertanian El Fhaluy Al Faizin mempunyai siswa/siswi sebanyak 71 orang yang masih duduk di kelas satu dan dua dengan fokus pengajaran ke pertanian tanaman sayuran. Sekolah ini dilengkapi dengan lahan sekolah  + 2,5 ha dan lahan praktek + 30 ha.

“Kami sangat berharap dengan adanya Balitek KSDA, sekolah kami dapat dibantu baik dari segi ilmu pengetahuan maupun praktek pertanian di lapangan, khususnya untuk tanaman berkayu seperti Karet dan Kelapa Sawit. Sekolah kami memiliki sawah produktif, kebun karet dan kelapa sawit”, imbuh Muhtarom.

Gadang menjelaskan bahwa walaupun Balitek KSDA merupakan institusi di Bidang Lingkungan dan Kehutanan, tapi tetap banyak yang bisa dilakukan dan dikaitkan untuk mendukung keberhasilan di bidang pertanian.

“drh. Amir Ma’ruf, salah satu peneliti Balitek KSDA dengan kepakaran dokter hewan diharapkan nantinya bisa membantu dalam ilmu peternakan. Selain itu peneliti dan teknisi Balitek KSDA yang ahli dalam teknik penanaman dan pembuatan kompos maupun kepakaran lainnya akan bergantian untuk datang dan membagi ilmunya di SMK Pertanian El Fhaluy Al Faizin ini”, jelas Gadang.

“Selain itu Balitek KSDA sekarang juga sedang mencoba mengembangkan pembuatan pupuk cair dari kotoran rusa, yang nantinya diharapkan bisa diaplikasikan dari kotoran sapi atau kambing yang banyak tersedia di desa Jonggon”, kata Amir.

Selanjutnya Balitek KSDA dan SMK Pertanian El Fhaluy Al Faizin akan menyusun teknis kerjasama yang akan dibentuk kedepannya. ***MB

Share Button