Balitek KSDA ajak Mitra Bersih-bersih Sampah di KHDTK Samboja

Dalam rangka memperingati hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2018, Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) Samboja dan mitra mengadakan kegiatan “Bersih-bersih Sampah di Km 1 s.d. 3 KHDTK Samboja” pada Jumat (23/02/18).

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WITA ini diikuti oleh pegawai Balitek KSDA, Yayasan Jejak Pulang, Forest Ranger, Penanggulangan Sampah Kelurahan Sungai Merdeka (Pussaka), Pelajar SMK Negeri I Samboja, dan Pelajar SMK I Penajam Paser Utara yang sedang magang di Balitek KSDA.

“Balitek KSDA ingin menggandeng mitra untuk ikut serta melakukan bersih-bersih sampah di KHDTK Samboja. Sampai Saat ini masih banyak dijumpai masyarakat yang membuang sampah rumah tangga ke kawasan KHDTK Samboja”, kata Pranoto, B.Sc. F, S.Hut Kasubbag Tata Usaha Balitek KSDA.

Selain itu Pranoto menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk membantu menjaga kebersihan hutan di KHDTK Samboja yang selama ini dilakukan oleh tim dari KHDTK Samboja.

Pada kegiatan ini tim Pussaka membantu dengan pengangkutan sampah yang telah dikumpulkan untuk kemudian ditampung di Lokasi Rencana Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Samboja yang merupakan lahan bekas tambang batubara Bukit Raya Coal Mining (BRCM) yang berlokasi di km 5 Jl. Samboja-Sepaku***ADS